Iklan

terkini

Media BK (Poster) Materi Pengaruh Mengontrol Emosi Terhadap Perilaku Siswa PDF-ADM BK Lengkap RGI

Jumat, 04 Februari 2022, Februari 04, 2022 WIB Last Updated 2022-02-05T01:16:33Z

 Assalamualikum wr.wb

Selamat datang di blog rumahguru.info disini sahabat RGI bisa mendapatkan Administrasi Bimbingan dan Konseling secara lengkap. Untuk artikel kali ini Admin ingin membagikan media BK berupa poster yang telah admin buat.

Media BK (Poster) Materi Pengaruh Mengontrol Emosi Terhadap Perilaku Siswa PDF-ADM BK Lengkap RGI
Emosi=Marah? Salah yah? Bentuk emosi tidak hanya marah tapi ada sedih, senang, takut, jijik dan terkejut. Emosi memiliki peran penting bagi kita yang sekarang sebagai siswa. Kenapa? Karena emosi memiliki pengaruh terhadap cara kita berhubungan dengan teman kelas, kakak kelas, guru disekolah bahkan orang tua kita dirumah serta berperan ketika kita mengambil keputusan/bertindak.


Dengan memahami emosi kita akan mampu mengendalikan emosi supaya tidak melakukan tindakan impulsif yaitu melakukan suatu tindakan tanpa memikirkan akibatnya ataupun menjadi Destruktif ketika emosi tidak diungkapkan dengan benar. 


Emosi berada dalam sebuah garis yaitu dimulai dengan stimulus (pemicu) yang memulai pengalaman emosional dan diakhiri dengan respon. Pemicunya bisa ditentukan oleh keadaan dan perasaan kita. Yang perlu kita ingat terkadang stimulus yang sama menghasilkan respon yang berbeda pada setiap orang. Contohnya ketika di sekolah kita merasa kesal pada kakak kelas, kemudian ketika di rumah kita meluapkan emosi kepada adik kita dengan memarahinya. Penekanan emosi ini disebut destruktif jika tidak diselesaikan dengan berbicara pada diri sendiri.


Untuk itu, perlu sekali kita memahami emosi agar dapat mengontrol emosi yang nantinya berguna untuk diri kita sendiri dan lingkungan kita. Dikutip dari berbagai sumber mengelola emosi dengan baik dipengaruhi oleh aspek-aspek sebagai berikut:
  1. Kesadaran emosional. Kamu bisa mencoba untuk mulai menyadari dan mengetahui emosimu dan emosi orang lain, bagaimana mereka memengaruhi mu dan emosi apa yang muncul ketika kamu berada di suatu keadaan tertentu. Selanjutnya kamu bisa menilai dirimu dan mengambil keputusan yang tepat dalam kondisi tertentu. Contoh: ketika kamu sedang belajar dan tahu bahwa gurumu selalu menyuruhmu ke depan untuk mengisi soal padahal kamu penakut untuk itu silahkan kerjakan soal tersebut terlebih dahulu untuk mempersiapkan diri ketika nanti disuruh ke depan.
  2. Manajemen diri. Manajemen diri yaitu memiliki kemampuan untuk mengatur emosi yang sedang dirasakan, menghindari pemikiran impulsif dan memanfaatkan emosi yang dirasakan untuk mengambil keputusan yang positif. Contoh: ketika disekolah teman kelas mu mengejekmu padahal kamu orangnya tidak suka di ejek untuk itu pasti kamu marah. Tapi, karena kamu takut kamu memendamnya dan melampiaskan kekesalanmu pada ibumu karena pada saat itu menyuruhmu makan. Untuk menghindari hal itu kamu bisa berbicara dengan teman kelasmu secara baik-baik dan mencoba memahami perilaku dan tindakan temanmu terhadap teman yang lain.
  3. Manajemen hubungan. Ketika kamu sudah bisa mengatur emosimu sendiri, kamu bisa mengatur hubunganmu dengan orang di sekitarmu dengan baik dan dapat berempati sehingga akan terbangun hubungan sosial yang positif. Pada akhirnya kamu akan mampu  mempersiapkan diri dalam situasi dan kondisi apapun yang memacu emosimu.

Ternyata ada banyak macam emosi yang dirasakan oleh manusia, oleh karena itu kita harus mulai mengasah kemampuan mengelola emosi. Yuk belajar kelola emosi mu dari sekarang mumpung kalian masih sekolah! Semangat. 
Bagi sahabat RGI yang membutuhkan file Poster dalam bentuk PDF silahkan unduh disini


Wassalamualaikum Wr. Wb.

Semoga bermanfaat.:)

Yang sering dicari:

  • materi bk cara mengendalikan emosi
  • rpl bk cara mengendalikan emosi
  • bagaimana cara guru mengendalikan emosi anak
  • bimbingan emosi pada anak dan remaja
  • kemampuan menjaga stabilitas emosi untuk anak smp
  • cara mengendalikan emosi menurut psikologi pdf
  • contoh modul bk pdf
  • materi bimbingan konseling kelas 10

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Media BK (Poster) Materi Pengaruh Mengontrol Emosi Terhadap Perilaku Siswa PDF-ADM BK Lengkap RGI

Terkini

Iklan